READY FOR READS..

Berkenalan dengan NetLogo | Basic Modeling Tutorial #1

NetLogo adalah lingkungan pemodelan yang dapat diprogram untuk melakukan simulasi fenomena alam dan sosial. NetLogo dikembangkan pertama kali oleh Uri Wilensky pada tahun 1999 dan sampai dengan saat ini terus dikembangkan dan ditingkatkan performanya oleh Center for Connected Learning and Computer-Based Modeling.

net-logo-6.0.1
NetLogo 6.0.1
NetLogo, secara khusus, cocok digunakan untuk permodelan sistem yang kompleks dan berkembang berdasarkan waktu. Kita dapat memberi instruksi pada ratusan bahkan ribuan "agen" yang beroperasi secara independen. Hal ini memungkinkan pembuat model untuk menemukan koneksi diantara perilaku level mikro dari masing-masing individu, dan pada saat bersamaan juga pola level makro yang muncul dari interaksi mereka. Bayangkan seperti halnya sebuah agensi intelijen dimana masing-masing agen (atau beberapa agensi menyebutnya "aset") bekerja sendiri-sendiri, bahkan dengan tidak mengenal satu sama lain, menggunakan aturan dan cara kerja mereka masing-masing, untuk mencapai satu tujuan dari sistem intelijen yang lebih besar.

NetLogo memberi peluang kepada pelajar untuk bermain simulasi, mengeksplorasi sifat dan perilaku agen dalam berbagai kondisi yang bervariasi. Software juga menyediakan lingkungan bagi pelajar, pengajar/dosen dan pengembang kurikulum untuk membuat model mereka sendiri secara independen. NetLogo cukup mudah bagi murid dan guru, tetapi cukup advance sebagai sebuah alat yang mumpuni bagi banyak peneliti di berbagai bidang.

NetLogo memiliki referensi dan tutorial yang ekstensif. NetLogo juga memiliki perpustakaan model, sebuah koleksi yang memiliki banyak simulasi yang dapat digunakan, ditulis ulang dan dimodifikasi. Simulasi yang tersedia mencakup bidang ilmu alam dan sosial termasuk biologi dan kedokteran, fisika dan kimia, matematika dan ilmu komputer, serta ekonomi dan psikologi sosial. Beberapa kurikulum berbasis model menggunakan NetLogo juga tersedia dan lebih banyak lagi yang sedang dikembangkan.

NetLogo adalah generasi penerus dari seri bahasa permodelan multi-agen termasuk StarLogo dan StarLogoT. NetLogo berjalan pada Java, sehingga perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik pada semua platform utama (Mac, Windows, Linux, et.al).  Program ini berjalan sebagai aplikasi desktop selain juga mendukung operasi command line. 


Baca juga: Fitur-fitur Unggulan NetLogo 6.0.1

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment