READY FOR READS..

MAKAN UNTUK HIDUP, BUKAN HIDUP UNTUK MAKAN


Sakèh urip iku asal saka wiji, kewan lan manusa saka êndhog. Wiji lan êndhog iku plêmbungan siji, kang bisa tuwuh lan tumangkar dadi akèh, kang krompolan, anggawa wangun masthi. Barang cilik siji bisa dadi akèh iku marga kawuwuhan sari saka jaba, kang lumrah diarani pangan. Sabanjure kewan manusa kang cilik nalika lair, bisa gêdhe jalaran kalêbon pangan. Yèn ora, amasthi ora sida dadi uwong. Gêdhene awak manusa iku duwe pantog, ewasamono ora kêna lèrèn ing pamangane, sabab awak mau kêna ing gêrang, têgêse thèthèl sarta suda perangane. Kang ilang iku kudu ana gajule. Dene awak bisa gêrang, jalaran kasrambahan sarining hawa, kang duwe katiyasan ambêsêm samubarang, digêmpil saka gandhèngane, banjur digondhol mêtu. Êmpane hawa rumasuk ing awak iku ngêtokake daya kang ora kasêdya ing uwong, kaya ta: lakune gêtih, ambêkan, mêlèk, mikir. Saya manèh yèn wong nêdya ngêtokake daya, iku ambêsêm awak akèh. Kaya ta: ngangkat junjung, lumaku, lan liyane. Dadi murih wutuhing awak, uwong iku kudu mangan.
Ewasamono wong urip aja ngêmungake mangan iku bae. Panganan iku ora sumadhiya ing ngarêpmu, kudu diupaya dhisik sarana ngêtokake daya, kêkuwataning awak lan pikiran. Dadi uwong iku: saking ênggone arêp mangan kudu tumandang apa-apa, aja mung arêp mangane êmoh ngêtokake karkat apa-apa, tata mangkono iku ora ana.


---


Terjemahan bebas :

Semua barang yang hidup itu asalnya dari benih, tumbuhan dari biji, hewan dan manusia dari telur. Biji dan telur itu seperti halnya balon satu, yang bisa tumbuh dan berkembang jadi banyak, yang menggerombol, dan membawa bentuk yang pasti. Barang kecil satu ini bisa jadi banyak karena mendapat asupan saripati dari luar tubuhnya, umum dianggap sebagai pangan. selanjutnya, hewan dan manusia yang kecil pada waktu lahir, bisa menjadi besar karena "kemasukan" makanan. Kalau tidak, pastilah tidak jadi orang. Badan manusia besarnya ada batasnya, meskipun begitu tidak boleh berhenti makan sebab badan bisa menyusut, artinya copot atau berkurang bagian-bagiannya. Yang hilang itu harus ada gantinya. Sebabnya badan bisa sakit, itu karena terkena pengaruh luar (menurut penulis--hawa--udara dari luar), yang punya kemampuan untuk merusak segala hal, dikikis dari bagian utamanya, lalu dibawa keluar. (Catatan: Dunia sain modern menyatakan bahwa oksigen bersifat merusak melalui proses oksidasi. Luar biasa bukan?? Pada jamannya, bisa jadi penulis belum memiliki pengetahuan sain seperti jaman sekarang, tapi yang sungguh luar biasa adalah berdasarkan logikanya si penulis meyakini bahwa hawa/udara/oksigen memiliki sifat yang merusak tubuh. Baca juga tentang reaksi oksidasi.)

Makanannya udara saat masuk dalam tubuh itu mengeluarkan tenaga yang tidak secara sadar diperintah oleh diri manusia, seperti misalnya aliran darah, pernafasan, keadaan terjaga, dan berpikir. (Catatan : disini lebih lanjut, udara diidentikan dengan energi yang dikeluarkan oleh manusia karena adanya proses metabolisme bawah sadar yang dialami oleh tubuh manusia.) Apalagi kalau kita berniat mengeluarkan tenaga, itu lebih banyak merusak tubuh. Contohnya mengeluarkan tenaga secara sengaja : mengangkat barang, berjalan, dan lain sebagainya. Jadi supaya badan kita tetap utuh, kita harus tetap makan.

Namun demikian, orang hidup itu jangan hanya makan saja. Makanan itu tidak tersedia begitu saja di depanmu, harus diupayakan dahulu dengan cara mengeluarkan upaya, tenaga badaniah dan pikiran. Jadi orang itu kalau ingin makan ya harus mengerjakan sesuatu, jangan hanya mau makan saja tapi tidak mau mengeluarkan usaha apa-apa, yang seperti itu tidak ada. Baca juga: Tempe Iku Ora Temumpang Lambe Ning Temumpang Gawe.




Dikutip dari Buku "GAGASAN PRAKARA TINDAKING NGAOERIP" karangan Raden Kartawibangga (1921). Gambar ilustrasi: tembi.net
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment